BAB 3
KEGIATAN BULAN MARET 2012

Pada kegiatan bulan April ini Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Pemberdayaan telah melakukan beberapa kegiatan sehingga tahapan-tahapan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik, sehingga hasil kerja yang diharapkan dapat tercapai.
3.1. Melakukan administrasi ke lokasi
Tenaga Fasilitator Lapangan dengan didampingi oleh staf dari Satuan Kerja PPLP Dinas Tarukim Propinsi Sumatera Utara melakukan administrasi ke dinas terkait di Kabupaten Karo dengan menunjukkan surat penunjukan tugas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kegiatan ini memperoleh dukungan dengan dinas terkait setempat dan meningkatkan keterlibatan dinas terhadap kegiatan pendampingan pengelolaan sampah terpadu (TPS) 3R.
3.2. Membuat daftar panjang (Longlist)
Data calon lokasi diminta kepada dinas penanggung jawab terkait di Kabupaten Karo kemudian diisikan pada form yang sudah disediakan sebelumnya. Setelah penyiapan administrasi ke lokasi dan koordinasi dengan dinas terkait Kabupaten Karo diselesaikan, maka dengan membawa surat perihal koordinasi lokasi kegiatan yang ditandatangani oleh kepala dinas terkait. Tenaga Fasilitator Lapangan dengan didampingi oleh staf dinas tarukim melakukan melalui survei langsung ke tempat-tempat calon lokasi.
3.3. Membuat hasil survei shortlist
Berdasarkan dari data yang dikumpulkan terhadap longlist calon lokasi 3R di Kabupaten Karo, maka dapat disimpulkan bahwa hasil survei shortlist yang telah memenuhi persyaratan untuk dibangun TPS 3R terletak di kecamatan Merdeka, desa Gongsol.
3.4. Permasalahan
Beberapa kendala yang masih dihadapi Tenaga Fasilitator Lapangan, di antaranya:
1. Terlambatnya koordinasi dengan kantor dinas terkait, sehingga mengakibatkan kegiatan tidak berjalan sesuai rencana.
2. Belum menentukan titik koordinat lokasi calon lokasi 3R.
3.5. Solusi
Mempercepat koordinasi dan menentukan titik koordinat calon lokasi dengan dinas terkait terutama untuk memperoleh daftar calon lokasi yang tepat untuk pembangunan TPS 3R.